Wajib Baca, Ternyata Sensor Sidik Jari Di Hp Punya Fungsi Rahasia Unik Seperti Ini Lho

Cariponsel. smartphone kini telah dibekali dengan teknologi keamanan canggih bernama fingerprint scanner. Fitur tersebut berfungsi untuk mengamankan smartphone.

Cara penggunaannya pun cukup simpel, hanya perlu menempelkan jari yang sudah didaftarkan dalam menu scanner, maka dalam sekejap smartphone akan terbuka.

jarang yang tahu bahwa ternyata fitur pemindai sidik jari ini tidak hanya berfungsi sebagai penguncian layar smartphone. Jauh dari itu ternyata banyak fungsi lain yang bisa dijalankan dengan menggunakan fitur canggih ini.

nah berikut ini kami akan mengulasnya untuk teman-teman “Fungsi Rahasia Sensor Sidik Jari Di Hp”.

1. Bidik Kamera

Berkat sebuah aplikasi bernama Dactyl, teman-teman dapat menyulap pemindai sidik jari untuk membidik gambar atau sebagai tombol rana. Namun sebelumnya teman-teman harus mengkonfigurasi aplikasi tersebut melalui pengaturan agar bisa support berbagai jenis kamera.

Hal ini jelas sangat mempermudah teman-teman dalam mengambil gambar saat berfoto, kerennya lagi aplikasi ini dapat bekerja baik untuk smartphone yang memiliki sidik jari di bagian depan ataupun belakang.

Cukup mudah bukan sekarang tidak perlu lagi repot-repot menekan tombol shutter untuk mengambil Gambar.

2. Tombol Quick Action

Quick Action merupakan fitur ekslusif yang awalnya hanya dimiliki oleh Google Pixel, dimana teman-teman dapat menggesek fingerprint scanner ke arah bawah untuk membuka panel notifikasi.

Namun kini fitur keren ini hadir hampir diseluruh smartphone yang dibekali sidik jari, untuk menggunakan fitur ini teman-teman harus mengaktifkan aksesibilitas, kemudian tenentukan tindakan untuk sekali ketuk, gesek cepat atau ketuk dua kali. Namun sayangnya ada beberapa smartphone yang tak dibekali dengan fitur ini.

3. Menyimpan Foto dari Galeri

Menyembunyikan foto maupun video kini semakin mudah berkat adanya aplikasi bernama Focus,aplikasi ini dapat menyembunyikan foto maupun video dari galeri.

Namun untuk menggunakan fitur sidik jari sebagai kunci perlindungan, teman-teman harus meng-upgrade aplikasi tersebut. Namun tak perlu khawatir, karena selain itu teman-teman juga dapat menggunakan fitur serupa dalam beberapa aplikasi lainnya.

dengan bantuan aplikasi ini teman-teman bisa menyimpan Foto ataupun video tanpa orang lain bisa membukanya karena membutuhkan akses sidik jari untuk membuka foldernya.

4. Menyimpan Password

Jika kamu memiliki banyak password yang disimpan dalam sebuah catatan, maka Lastpass merupakan aplikasi yang tepat untuk mengamankan berbagai password tersebut.

Lastpass merupakan aplikasi password manager yang mem-backup dan mengamankan semua password. Fitur utama yang dimiliki Lastpass adalah penguncian berbasis pemindai sidik jari, sehingga selain pemilik tidak ada yang bisa membuka aplikasi tersebut.

sangat di anjurkan untuk teman-teman yang memiliki banyak password tetapi bingung menyimpannya dimana.

5. Bertransaksi Via Sidik Jari

Kini makin banyak instansi atau aplikasi yang membutuhkan otentikasi sidik jari untuk melakukan berbagai transaksi. Bahkan ada beberapa fitur di Google PlayStore yang mengharuskan teman-teman melakukan otentifikasi sidik jari saat akan melakukan tugas atau menjalankan fitur tertentu.

Bahkan kedepannya diperkirakan sensor sidik jari akan banyak digunakan dalam berbagai aktivitas manusia, khususnya yang berhubungan dengan pemerintahan atan lembaga tertentu.

sehingga keamanan perbankan teman-teman semakin dijaga dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab.

author
Penulis: 

Komentar ditutup.