Tik Tok Diblokir Pemerintah Setelah Dapat 2.853 Laporan

215 views

Cariponsel. Tik tok diblokir pemerintah, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengaku tidak asal dalam memblokir suatu aplikasi seperti Tik Tok. Tentu Banyak hal yang menjadi pertimbangan sebelum melakukan pemblokiran.

Pertimbangan yang dilakukan Kemkominfo adalah berdiskusi dengan Kementerian PPA dan KPAI. Tak hanya itu melihat banyaknya laporan dari masyarakat yang ingin aplikasi Tik Tok segera dihapus. Itu semua karena masyarakt menganggap aplikasi Tik tok banyak mengandung sisi negatif.

Menurut catatan Kemkominfo, ada 2.853 laporan dari masyarakat yang meminta Tik Tok diblokir. Lantaran masyarakat menganggap aplikasi tersebut mengarah perilaku pengguna Tik Tok yang semakin negatif. Seperti pornografi, LGBT, asusila, pelecehan agama, fitnah, sampai dengan konten-konten lain yang membuat resah masyarakat.

“Banyak aduan masyarakat, Kominfo melakukan pemantauan dan akhirnya diblokir, secara konten banyak yang sama dengan yang diadukan (aduan terbukti),” tutur Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Noor Izza.

Hal yang Menyebabkan Tik Tok Diblokir

Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) pernah menyatakan, bahwa aplikasi Tik Tok diblokir karena mengandung unsur konten negatif. Dan juga saran dari pihak terkait pun mengusulkan untuk aplikasi tersebut diblokir.

Selain itu, Kemkominfo juga melakukan komunikasi dengan pihak aplikasi Tik Tok untuk meminta agar  membersihkan seluruh konten yang berbau negatif. Ini pun jika aplikasi Tik Tok ingin dibuka aksesnya seperti sedia kala.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mengatakan, “Kami sudah menghubungi Tik Tok untuk membersihkan kontennya. Pendekatannya kami lakukan seperti kepada Bigo yang telah membersihkan dan menjaga kontennya. Ada puluhan staf Bigo yang kerjanya membersihkan konten Bigo untuk Indonesia, maka Bigo kami buka lagi”.

author
Penulis: 

Komentar ditutup.