Ternyata Google merekam Percakapan kita di Smartphone, Ini Bahayanya

199 views

Cariponsel. Pastinya kamu belum tahu bukan bahwa google ternyata dapat merekam percakapan kamu tanpa kamu ketahui. google perekam percakapan ini  bukan bukan merekam percakapan telepon yang kamu lakukan melainkan percakapan dunia nyata saat kamu dan teman sedang becakap-cakap seperti biasa yang kamu lakukan saat sedang meminum teh atau pun menyantap makanan.

Google Dapat Merekam Percakapan Kita Sehari-Hari

Apabila smartphone yang kamu gunakan berbasis android sudah dapat dipastikan kamu harus mengaktifkan Google Assistant. Kamu cukup dengan mengatakan “Ok Google” dan dengan segera Google Assistant membantu kamu dalam melakukan pencarian terhadap apa yang kamu katakan, sangat menyenangkan bukan, Kamu seperti memiliki asisten pribadi.

Akan tetapi terkadang google itu terlalu berlebihan saat mendengarkan perintah suara yang kita katakan. Walaupun terkadang saat kamu tidak memainkan google assistant ternyata smartphone kamu akan tetap merekam percakapan walaupun dengan durasi 10-20 detik.

Saat percakapan kamu direkam oleh google, maka data tersebut akan terunggah begitu saja ke sistemnya. Jadi ini artinya percakapan kamu itu tidak rahasia lagi. Ternyata google merekam percakapan kamu bukan hanya dalam bentuk audio saja tetapi percakapan kamu direkam dalam bentuk teks.

Walaupun begitu ternyata google menyangkal akan tuduhan itu yang merekam tanpa izin. Google pernah mengatakan bahwa mereka yang merekam percakapan satu-satunya saat kamu mengatakan “Ok Google” dan itu pun betujuan dalam membantu kamu.

Jika benar memang seperti itu dengan merekam percakapan kamu, lalu untuk apa data tersebut? Padahal google banyak sekali menyediakan layanan dan memberi kemudahan untuk kita dalam melakukan pencarian secara cuma-cuma. Pasti google mempunyai binsis seperti Google Advertisement, alias layanan pemasangan iklan melalui Google.

Banyak perusahaan besar yang ingin membayar mahal untuk iklan mereka bisa tersampaikan kepada khal layak ramai. Agar iklan tersebut terlihat lebih efektif dan efisien, google perlu data-data kita, kebiasaan kita dan minat apa saja yang akan membuat kita tertarik.

Rekaman perbincangan kita sering kali menunjukkan itu semua, dan google pun mengumpulkan data-data yang diminati setiap pengguna, agar menampilkan iklan yang sesuai kegemaran kamu.

Dan Google serta beberapa aplikasi lain mungkin memang bisa melakukan hal-hal seprti itu. Dimana dan kapan saja saat smartphone kamu terkoneksi dengan internet, dan ternyata kamu tak pernah benar-benar aman.

author
Penulis: 

Komentar ditutup.