Tau Gak Sih Ternyata Facebook Bagikan Data Penggunanya ke 52 Perusahaan Teknologi

Cariponsel. Sudahkah anda tahu jika Facebook akan berbagi data pribadi penggunanya dengan perusahaan pembuat software dan smartphone. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri karena merupakan bagian dari kemitraan perusahaan. Baru-bari ini, Facebook besutan Mark Zuckerberg telah menanggapi permintaan data oleh House Energy & Commerce Committee.

Perusahaan Mark Zuckerberg melaporkan  747 halaman yang mendata transaksi berbagi data penggunanya dengan perusahaan lainnya, termasuklah 52 perusahaan teknologi. Dikutip dari Gizmodo, Senin (2/7/2018), beberapa perusahaan teknologi yang ikut menikmati data pengguna Facebook antara lain adalah perusahaan Tiongkok Alibaba, Huawei, Lenovo, dan Oppo.

Walau demikian, telah dijelaskan dalam laporan bahwa kemitraan dengan 38 perusahaan tersebut telah usai dilakukan, lantaran karena perusahaan mengakhiri bisnisnya. Sementara, tujuh perusahaan kerja sama lainnya akan berakhir pada Juli 2018 dan satu lagi pada Oktober 2018.

Akan tetapi, “Tiga kemitraan lainnya akan dilanjutkan,” kata Facebook dalam laporannya. Selain perusahaan-perusahaan tersebut diatas, Apple dan Amazon juga terkait dalam perusahaan yang menikmati data pengguna Facebook.

Selain itu perusahaan yang bernama Tobii melakukan kemitraan dengan Facebook untuk aplikasi pelacakan mata yang memungkinkan jejaring sosial Facebook dapat digunakan oleh pasien Amyotrophic lateral sclerosis (ALS).

Facebook juga masih akan bekerja sama dengan perusahaan Alibaba, Mozilla, dan Opera untuk bisa mengaktifkan notifikasi Facebook di browser. Data yang termasuk bisa diakses adalah data teman oleh ketiga perusahaan internet tersebut.

Facebook juga memberitahukan bahwa pihaknya berbagi data dengan 61 developer aplikasi pihak ketiga termasuklah Spotify. Kemitraan ini telah berlangsung sejak 2014 dan baru akan diakhiri dalam waktu 6 bulan ke depan.

Tak hanya itu, lima pengembang lainnya juga kemungkinan memiliki akses ke data teman melalui uji beta. Tetapi tidak dijelaskan pengembang mana saja yang memiliki akses tersebut. Ada kekhawatiran Facebook telah berbagi data di luar persetujuan Federal Trade Commission (FTC) yang mengharuskan situs untuk mendapatkan izin sebelum facebook mengumpulkan lebih banyak data penggunanya. Hal ini tentunya berkaitan dengan data privasi seseorang.

author
Penulis: 

Komentar ditutup.