Perubahan Drastis, Tampilan dan Fitur dari Gmail Baru Akan Hadir Pada Bulan Juli 2018

update-Gmail-baru

Cariponsel. Siapa yang tak kenal dengan raksasa internet, Google. Perusahaan komersil yang bergerak dibidang teknologi yang mebawahi berbagai bidang teknologi ini terkenal dengan beberapa layanannya termasuk email gratis yang disediakan oleh mereka. Baru-baru ini, Google baru  ini telah memperkenal tampilan baru dari layanan surat elektronik gratis milik mereka tesebut.

Secara resmi, layout terbaru dari email mereka sebenarnya sudah sejak April 2018 lalu. Tak hanya tampilan yang baru, namun juga pengumuman tersebut juga menyatakan bahwa ada beberapa tambahan fitur yang membuat konsumen merasa nyaman menggunakan layanan dari perusahaan asal Amerika serikat tersebut.

Fitur dan Perubahan terbaru dari Gmail

Dalam pengumumannya, Google mengayatakan telah menambahkan sejumlah fitur baru seperti Nudge atau pengingat untuk membalas email penting yang mungkin terlewat. Saat ini, fitur-fitur baru tersebut baru dinikmati oleh pengguna dari Early Adopter Program. Sedangkan untuk pengguna regular mulai Juli 2018.

“Kami baru-baru ini memperkenalkan Program Adaptor Awal (EAP) untuk Gmail baru, dengan kemampuan baru seperti offline dan nudging Gmail. Untuk mempersiapkan Anda dan organisasi Anda untuk peluncuran ketersediaan umum (GA), kami memberikan detail tambahan tentang jadwal peluncuran.” kata pihak Google.

Disamping itu seperti dilansir dari blog Google, penggunaan atau lauout gmail baru ini akan secara otomatis membuat para pengguna yang belum mengambil aksi untuk menggunakan tampilan baru ini nantinya. Dengan kata lain, apabila pengguna selama seminggu setelah pengungumuman diberikan masih belum melakukan migrasi ke layout yang baru, maka seluruh data dari email nya akan secara otomatis mendapatkan layout yang baru.

“Saat ini, Gmail baru adalah EAP, dan pelanggan dapat memilih untuk berpartisipasi (atau tidak) di tingkat domain dan unit organisasi. Setelah Gmail baru diluncurkan ke GA pada Juli 2018. Sekitar delapan minggu setelah pengumuman GA di bulan Juli, setiap pengguna yang belum dialihkan ke Gmail baru akan dimigrasikan secara otomatis ke pengalaman baru. Mereka akan memiliki opsi untuk memilih keluar dari Gmail baru untuk tambahan empat minggu,” keterangan resmi dari blog Google.

Selain menikmati Gmail tampilan baru, pengguna juga dapat menggunakan Nugde. Fungsi nudge di Gmail yang mengungatkan pengguna untuk membalas email lama yang mungkin terlewatkan oleh pengguna. Selain itu, fitur ini juga dapat mengingatkan pengguna mengenai email yang belum mendapat respon atau balasan dari orang lain. Fitur ini jelas sangat berguna untuk mendukung pekerjaan.

Lalu apa saja yang terjadi pada Gmail di Juli 2018? Google akan mulai memigrasikan pengguna dari Gmail lama ke Gmail baru. Raksasa mesin pencari ini akan memberikan opsi untuk opt in atau opt out pada Gmail desain baru. Namun, setelah delapan minggu Gmail baru resmi hadir, pengguna lama akan secara otomatis pindah ke Gmail tampilan baru.

author
Penulis: 

Komentar ditutup.