Perkembangan Kamera Profesional, DSLR VS Mirorrless

140 views
DSLR-ILC

Cariponsel. Pada dunia fotorgrafi, para fotografer sudah akrab dengan varian kamera yang berbeda, DSLR dan Mirorrless. Meski keduanya merupakan kamera dengan kemampuan tinggi yang dapat mendefinisakan warna hingga menhasilkan gambar yang baik, namun ternyata tak banyak orang yang mengetahui perbedaannya.

Biasanya, Istilah “interchangeable lens camera” (ILC) yang merupakan kamera dengan lensa yang bisa diganti-ganti. seserang akan membayangkan sebuah kamera DSLR berikut beberapa lensa berukuran besar dan berat. Namun, tak semua ILC dapat digolongkan sebagai Digital Single-Lens Reflex (DSLR).

Perkembangan Kamera ILC dan Jenisnya Saat Ini

Untuk diketahui, sudah sejak lama ILC dipecara para pengambil gambar profesional untuk menjadi partner mereka. Selain memberikan gambar yang sangat baik, pendefinisian warna juga terhitung sangat tajam sehingga sang fotografer serta orang yang melihatnya bisa puas dengan hasil gambar yang diambilnya. Dalam perkembanganya beberapa.

Dulunya, ketika seorang fotografer hendak mengambil gambar dari sasaran objek nya, biasanya mereka akan membawa berbagai jenis lensa demi menopang gambar seperti yang mereka inginkan. Deretan kamera tersebut biasanya membantu sang jurufoto untuk melakukan pembesaran pada objek ataupun memberikan beberapa efek yang sangat apik seperti blur pada sekitar fokus objek.

Namun, seiring berjalannya waktu, pada bebreapa tahun terakhir, telah beredar ILC jenis baru yang ukurannya jauh lebih ringkas. Kategori kamera ini lazim dikenal dengan istilah Mirrorless ILC (MILC) atau untuk singkatnya “ mirrorless” saja. Nah, untuk yang masih bingung, apa itu kamera mirrorless?

Sesuai julukannya yang berarti “tanpa cermin”, mirrorless sejatinya adalah DSLR yang dihilangkan bagian pemantul cahayanya (mirrorbox). Tanpa mirrorbox yang berfungsi membelokkan cahaya dari lensa ke jendela bidik optis, ukuran kamera mirrorless bisa dibuat jauh menciut dibandingkan DSLR, sambil tetap mempertahankan kualitas tangkapan gambar dan lensa yang bisa diganti-ganti.

author
Penulis: 

Komentar ditutup.