Langkah-Langkah Reset Factory iPhone Dengan Benar dan Aman

180 views
apple-iphone

Cariponsel. Reset dengan paksa atau biasa disebut dengan hard reset menjadi pertimbangan dan satu-satunya pilihan bagi beberapa pengguna ponsel khususnya Apple. Hal ini dikarenakan ponsel yang digunakan oleh mereka tidak menanggapi perintah yang diberikan melalui ketukan di layar hp mereka.

Penggunaan hard reset ini sendiri sebenanrya sangat tidak disarankan. Hal ini dikarenakan ada beberapa pertimbangan yang menurut para pakar tekologi akan membahayakan sistem didalam ponsel itu sendiri seperti menghilangkan data yang terdapat didalam ponsel secara keeluruhan.

Biasanya, hard reset ini disebut juga dengan factory reset atau dikembalikannya ponsle ke pengaturan pabrik dengan cara paksa. Nah, khusus bagia para pengguna Apple yang ingin mengetahui bagaimana cara melakukan hard reset atau factory reset pada perangkat iPhone mereka, maka bisa mengikuti cara-cara dibawah ini seperti yang dikutip dari beberapa sumber terpercaya, karena beberapa merek iPhone memiliki cara reset yang berbeda.

Cara Reset iPhone Dengan Lengkap dan Benar

1. Persiapan Factory Reset / Hard Reset

Untuk melakukan factory reset pada iPhone, pastikan baterai iPhone kamu penuh sebelum melakukan operasi ini. Siapkan juga koneksi internet agar bisa terhubung ke Apple ID setelah proses reset selesai. Disarankan untuk menggunakan jaringan Wi-Fi yang kencang.

2. Pilih Menu Setting

Langkah pertama setelah kamu melakukan persiapan, Pertama buka Settings > General > dan pilih menu Reset

3. Pilih Jenis Reset iPhone

Ada banyak opsi Reset iPhone yang akan ditampilkan, mulai dari reset settingnya saja, reset semua setting dan konten, dsb. Dalam banyak kasus, reset semua setting dan konten adalah yang diperlukan.

Jadi pilih Erase All Content and Settings untuk melakukannya.

4. Masukkan Passcode & Password

Sebagai keamanan, kamu akan diminta memasukkan passcode. Masukkan saja passcode di iPhone kamu untuk melanjutkan proses reset iPhone. Setelah itu tombol Erase iPhone akan muncul, pilih saja.

Untuk keamanan, iPhone akan meminta password Apple ID. Masukkan saja password Apple ID kamu untuk melanjutkan Reset iPhone, lalu tekan Erase.

5. Tunggu Proses Reset iPhone Selesai

Setelah itu proses reset iPhone bakal dimulai. Kamu tunggu saja prosesnya sampai selesai.

6. Setup iPhone

Setelah proses reset selesai, kamu tinggal setup iPhone seperti ketika membelinya saat baru dulu. Pilih bahasa, region, hingga memasukkan Touch ID dan Passcode. Setelah itu akan ada pilihan untuk restore data dari iTunes, iCloud, migrasi dari Android, atau setup sebagai iPhone baru.

Saya lebih suka memilih setup sebagai iPhone baru karena hasilnya jadi lebih fresh. Pilih saja sesuai dengan kebutuhan kamu. Setelah itu kamu akan diminta login ke Apple ID. Masukkan saja Apple ID kamu.

Jika kamu pengguna Apple Device lain, misalnya saja MacBook, maka kode verifikasi akan dikirimkan ke MacBook kamu.

7. Proses hard reset / factory reset iPhone Selesai

Setelah itu proses reset iPhone bakal selesai dan iPhone kamu kembali fresh.

author
Penulis: 

Komentar ditutup.