Jangan Salah Pilih, Ini 7 Tips dalam Memilih Smartphone Baru yang Harus Dipertimbangkan

tips-memilih-smartphone-baru

Cariponsel. Smartphone yang saay ini begitu lekat bagi masyarakat dalam membantu kegiatan sehari-hari dianggap sangat penting. Oleh karena itu, perkembangan mengenai smartphone terbaru yang bisa menunjang dan memenuhi kebutuhan para penikmat teknologi ini sangat diperhatikan. Namun begitu, kebanyakan orang bingung dalam memilih smartphone terbaru mereka.

Memilih smartphone baru untuk digunakan memang tak bisa sembarangan, selain smartphone tersebut harus memiliki spesifikasi yang baik, serta ditunjang oleh teknologi yang memopuni, sebagian besar para pengguna terkadang juga memperhatikan dari segi harga yang ditawarkan oleh para vendor tersebut.

Nah, untuk itulah bagi kamu yang saat ini tengah berniat untuk memiliki samrtphone baru dan sedang meninjau kriteria smartphone terbaru yang saat ini beredar, ada baiknya kamu ikuti dulu uraian singkat dibawah ini.

Hal yang harus diperhatikan dalam mencari ponsel baru

Seperti dilansir dari sumber yang cukup baik, setidaknya ada 7 hal yang harus kamu perhatikan dalam mencari kriteria ponsel terbaru yang aka kamu gunakan. Hal ini bertujuan agar kamu tidak kecewa dikemudian hari akrena spesifikasi yang dimiliki tak sebanding dengan harga yang harus dibayar atau bahkan kinerjanya tak sesuai dengan kebutuhan kamu. Nah, apa saja kiteria yang harus diperhatikan dalam memilih smartphone terbaru tersebut, simak  ulasan nya dibawah ini:

1. Kapasitas Daya Baterai yang Digunakan Smartphone

Dalam memilih smartphone baru, biasanya yang harus diperhatikan adalah kapasitas baterai yang digunakan. Hal ini bertujuan agar kamu tak harus disibukkan dengan carger ponsel. Bayangkan jika kamu harus mencari colokan listrik dalam waktu 2 jam sekali karena kapasitas baterai yang kecil dan tak mencukupi.

Sebaiknya, kamu memilih kapasitas minimum baterai yang berkisa antara 3000mAh apabila kamu merupakan profesional yang memang berkutat dengan ponsel dalam melakukan kegiatan dan pekerjaan sehari-hari. Jika kamu juga suka berselfie ria, kapasitas baterai dengan jumlah tersebut juga tak akan merepotkan kamu ketika tengah asik berselfie ria karena kekurangan daya dan harus melakukan pengisian daya.

Apabila kamu merupakan seseorang yang tak terlalu sibuk dengan ponsel pintar dalam kegiatan sehari-hari dan berencana hanya benggunakan smartphone tersebut hanya untuk kebutuhan chating, dan berselancar di dunia internet, maka kapasitas daya 2500mAh sepertinya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Jangan lupa, perhatikan pula fitur dari pengisian baterai tersebut, apakah memiliki fasilitas fast charging atau tidak. Hal ini penting megingat kemapuan ponsel dalam mengisi daya dengan cepat belakangan memang terbukti sangat membantu para pengguna smartphone yang memiliki rutinitas cukup tinggi.

2. Kapasitas Memori RAM yang Digunakan Smartphone

Kapasitas memori RAM yang dimiliki oleh smartphone baru yang kamu inginkan juga harus kamu perhatikan. Hal ini menginat RAM yang terdapat dalam ponsel terutama bagi kamu yang biasa mengoperasikan berbagai macam aplikasi dalam satu waktu akan memberikan memperlancarnya.

Jika kamu memang tipe orang yang sibuk dan mengharukan kamu mengoperasikan banyak aplikasi dalam satu waktu, paling tidak kapasitas RAM dengan ukuran minimal 3 GB menajdi pilihan yang cukup baik. Kapasitas RAM dengan jumlah tersebut akan membantu mengoptimalkan kinerja ponsel dan membuat ponsel tidak gampang lag. Namun jika kamu merupakan orang yang tak terlalu sibuk tetapi membutuhkan kinerja yang cukup untuk menjalankan internet, kamu bisa memilih RAM dengan minimal kapasitas 2 GB.

3. Sistem Operasi yag Digunakan oleh Smartphone

Dalam memilih smartphone, kamu lebih baik juga memperhatikan sistem operasi aya yang digunakan oleh vendor dalam perangkat buatannya. Sistem operasi ayng digunakan lebih baik sudah versi terbaru atau paling tidak satu tingat berada di bawah versi yang saat ini baru diluncurkan.

Sebagai saran, mungkin kamu bisa memilih OS Android 7.0 Nougat apabila kamu menggunakan perangkat smartphone android atau kamu bisa memilih  iOs 10 pada perangkat buatan Apple jika kamu memang menargetkan ponsel dengan kelas premium. Ini disarankan mengingat beberapa aplikasi yang biasa gunakan sudah tidak support atau kompatibel dengan OS yang terdapat pada perangkat.

4. Fitur Smartphone yang Menunjang Kebutuhan 

Poin ini terbilang point yang paling penting mengingat seseorang yang memilih smartphone baru pasti memiliki atau menginginkan kebutuhan khusus yang harus hadir pada smartphone yang dipilihnya. Nah, untuk kamu yang memang memiliki produktifitas yang tinggi, kamu bisa menyesuaikan mengenai fitur-fitur yag kamu butuhkan dengan cara mencari di berbagai media online yang bisa dipercaya termasuk situs cariponsel.com ini.

Saat ini sudah banyak vendor yang memiliki sasaran khusus dalam pembuatan dan pemasaran perangkat mereka. Setidakya bahkan hampir semua produsen perangkat pintar itu sudah memiliki tujuan, ke kalangan mana ponsel mereka akan dijual. Sebagai contoh seperti Samsung dengan pensil stylus di seri Galaxy Note, serta Lenovo yang mem-bundling beberapa produknya dengan VR dan audio dari Dolby, Blackberry dengan fitur keamanan ekstra dan manajemen email yang baik, serta Oppo, Vivo dan Asus yang tengah bersaing memperebutkan pasaran ponsel dengan kapasitas kamera yang baik.

5. Perbandingan Spesifikasi dan Harga yang Sama

Apabila kamu benar-benar mementingkan spesifikasi, sebaiknya kamu tak terlalu mementingkan merek apa yang memiliki spesifikasi yang pas dengan yang kamu inginkan. Setidaknya terdapat beberapa smartphone yang dilabeli harga yang kurang lebih sama namun memiliki spesifikasi yang memiliki perbedaan cukup signifikan. Kamu perlu jeli dalam memperhatikan harga dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Pemilihan dan analisa yang pas akan membantu kamu dalam menggunakan perangkat tersebut nantinya, jadi kamu gak akan menyesal jika besoknya kamu mendapati temanmu yang malah mendapat smartphone berspesifikasi lebih tinggi, dengan harga yang sama bahkan lebih murah ketimbang smartphone yang kamu beli.

6. Bandingkan dengan Seri Pendahulu

Jika kamu memang berniat untuk mengadopsi smartphone dengan seri terbaru dari yang kamu miliki saat ini, mungkin kamu bisa membandingkannya terlebih dahulu dalam hal spesifikasinya. Hal tersebut dikarenakan biasanya smartphone yang memiliki embel-embel nomor dibelakangnya seperti pada Galaxy S milik Samsung atau seri G buatan LG, terkadang memiliki perbedaan yang kurang signifikan.

Kamu juga perlu membandingkan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan dari smartphone tersebut. Jika perbedaannya hanya mencolok di segi desain dan performa yang tidak terlalu jauh, akan lebih jika jika kamu memilih versi lama dengan harga yang lebih murah juga.

7. Garansi dan Kemudahan Aksesoris

Dalam memilih ponsel baru, kamu juga harus melihat seberapa lama sang vendor atau bahkan toko tersebut mampu memberi jaminan atas kerusakan. Biasanya, makin lama dan resmi garansi yang diberikan akan menandakan bahwa ponsel tersebut memiliki kinerja yang baik dan jarang terdapat masalah dalam penjualannya.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan sevice center yang bisa menangani apabila nantinya ponsel kamu mengalami gangguna bahkan kerusakan. Tak hanya itu, aksesories juga menjadi petimbangan yang takboleh ditinggalkan. Keberadaan aksesoris dipasaran akan menandakan bahwa ponsel tersebut sudah dipercaya banyak orang untuk digunakan.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips untuk memilih smartphone baru yang sebaiknya kamu pertimbangkan. Daripada kesalahan dalam memilih smartphone yang akan kamu gunakan nantinya membuat kamu menyesal, akan lebih baik jika mengikuti beberapa saran tersebut.

Komentar ditutup.