iPhone X ternyata Bukan Pelopor Smartphone dengan Notch, Ini Dia Pelopor Sebenarnya

iphone-x-notch

Cariponsel. Notch atau poni pada smartphone belakangan ini sedang menjadi tren dan perbincangan. Setelah iPhone X rilis kepasaran dengan memperkenalkan poni atau notch pada bagian atasnya, banyak sekali vendor smartphone yang menghadirkan tampilan serupa di layar mereka. Bahkan, beberapa saingan Apple yang sudah terkemuka seperti Oppo, Vivo, LG, Xiaomi, sampai Asus semuanya saling berlomba memamerkan smartphone dengan notch masing-masing.

Meski begitu, bukannya malah disenangi oleh para penikmat dan pengamat teknologi, tampilan seperti ini rupanya terkesan kurang nyaman dimata para pengguna. Rupanya banyak konsumen yang mencibir kehadiran notch pada smartphone-smartphone tersebut. Alasannya, smartphone yang punya notch tersebut, banyak yang menyebutnya melakukan plagiat dari desaign iPhone X.

Sejarah Munculnya Notch, Ternyata Bukan Dari Apple X

Namun jika dipelajari lebih jauh, ternyata iPhone X bukanlah yang pertama kali memperkenalkan notch atau poni pada smartphone besutan mereka. Seperti dilansir dari Phone Arena, Senin (18/6/2018), notch pernah ditempelkan pada seuah smartphone bezeless besutan Essential Phone yang diluncurkan pada 2017.

Saat itu, notch merupakan tempat untuk menaruh kamera depan pada smartphone yang tak memiiki bazel tersebut. Meskipun demikian, ternyata Essential juga bukan yang pertama kali menempatkan notch di layar smartphone. Ternyata, pemiliki notch atau poni pertama pada smartphone adalah Sharp dengan Aquos S2-nya. Ponsel tersebutlah yang pertama kali mengaplikasikan notch di layar smartphone. Tujuannya untuk tempat kamera depan.

Kemudian, smartphone lainnya yang dirilis Sharp dengan desain bezeless tanpa notch adalah Sharp Aquos Crystal di tahun 2014. Saat itu, Sharp Aquos Crystal sudah mengusung desain nyaris tanpa tepian. Meski begitu, bagian bawahnya masih terdapat ruang yang cukup lebar untuk kamera selfie dan earpiece. Xiaomi kemudian mengikuti dengan Mi MIX dan penerusnya.

Notch Booming Setelah Diperkenalkan oleh iPhone X

Meski kehadiran notch sebelumnya telah diusung Sony, namun nyatanya desain dengan poni ini baru terkenal dan diketahui banyak orang setelah mampir di ponsel terbaru besautan Apple. Apple yang merilis iPhone X di tahun 2017 lalu meannamkan desain berponi yang dihadirkan untu menggebrak pasaran ponsel premium yang selama ini dipegang mereka.

Meski begitu, sebenarnya cukup banyak yang menyebut Apple mengikuti langkah Essential dan Sharp. Hanya saja, yang menjadi bedanya, iPhone X tidak memiliki bezel bawah. Selain itu, notch-nya pun berbeda bentuk dengan yang terpasang pada Esential dan Sharp.

Notch yang tertanam dalam iPhone X memiliki desain yang cukup lebar dan tidak hanya menjadi tempat untuk kamera depan. Notch pada iPhone X tersebut seperti diketahui memiliki fungsi lain, yaitu menjadi tempat untuk berbagai sensor. Diantaranya adalah untuk kamera infrared, flood illuminator, proximity sensor, ambient light sensor, speaker, microphone, hingga dot projector.

Walau Apple bukan vendor pertama yang mengusung notch, kini banyak vendor smartphone mengikuti jejaknya menghadirkan notch di perangkat masing-masing. Meski begitu, saat ini vendor smartphone Tiongkok Vivo menghadirkan desain baru tanpa notchmelalui perangkat Vivo Nex dan Apex-nya yang diumumkan beberapa waktu lalu.

author
Penulis: 

Komentar ditutup.