Bocah Aasal Uruguai Dapat Imbalan Rp. 506 Juta Karena Menemukan Celah Keamanan Google

bocah-uruguai-mendapat-uang-dari-google

Cariponsel.Siapa yan tak tau Google? Perusahaan raksasa teknologi asal amerika ini memang terkenal menguasai berbagai macam sisi dari teknologi informasi serta keamanannya itu saat hingga saat ini memang belum memiliki tandingan yang setara. Namun, beberapa waktu yang lalu, seorang bocah asal Uruguai berhasil mendapatkan hadiah dari Goolge karena berhasil menemukan celah kamanan yang memungkinkan dirinya merubah sistem internal pengagas Android tersebut. Karenanya ia mendapat imbalan yang besarnya USD 36 ribu atau di kisaran Rp 506 juta.

Adalah Ezequiel Pereira, remaja berumur 18 tahun ini bercerita panjang lebar mengenai beberapa pengalamannya yang berhasil mendapatkan hadiah dari google karena kemampuannya tersebut. Jelas, ini bukan pertama kalinya Pereira mendapatkan hadiah dari Goolge. Tahun lalu, ia mendapat USD 10 ribu karena prestasi yang sama. Celah baru yang ditemukannya memungkinkan dia mengubah sistem internal Google.

Umur 11 Tahun sudah Belajar Programing

Membahas mengenai kemampuannya, Pereira memang sudah tidak asing dengan komputer karena sudah menjadi temannya saat ia masih kanak-kanak. Ia dibelikan komputer pertamanya pada umur 10 tahun dan mengikuti kelas pemrograman pada usia baru 11 tahun.

Hingga pada tahun 2016, dia berhasil memenangkan kontes coding dengan hadiah jalan-jalan ke markas besar Google yang terletak di Mountain View, California. Apabila ditelaah lebih jauh, memang dasarnya ia remaja yang pintar dan tekun. Preira menagatakan, jika pengalaman pertama kalinya dari dunia teknologi membuatnyasangat senang.

“Dulu aku pertama kali diganjar USD 500 dan terasa menyenangkan. Jadi aku memutuskan terus mencoba (menemukan celah-red) sejak saat itu,” kata dia.

Beberapa Kali Memenangkan Hadiah Dari Goolge

Setidaknya, hingga kini ia sudah lima kali menemukan celah keamanan Google yang saat ini sudah diperbaiki berkat informasinya tersebut. Namun apabila dibandingkan dengan hadiah-hadiah yang diterimanya terdahulu,  yang terakhir ini Google memberinya uang hadiah paling banyak.

Sebagai informasi, saat ini remaja mudah ahli komputer ini mulai kuliah teknik komputer di Montevideo. Namun ia ingin mengajukan beasiswa agar bisa bersekolah di Amerika Serikat.

Mungkin dapat dikatakan ‘sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui’ sejak keberhasilannya menemukan bermacam celah keamanan di Google, nama Pereria makin dikenal berbagai pihak dan banyak yang mengiriminya email. Bermacam jenis email yang diterimanya , mulai dari yang meminta nasihat darinya mengenai celah kemanan ataupun menawari pekerjaan.

Berbagai perusahaan teknologi seperti Google, biasanya memiliki program yang dijuluki bug bounty demi menemukan celah keamanan yang tak dapat di deteksi sendiri oleh stafnya. Intinya, masyarakat umum boleh mencari celah keamanan di perusahaan itu dan jika terbukti cela keamanan yang dipaparkan oleh si penemu memang benar, biasanya sang penemu celah keamanan tersebut akan mendapatkan sejumlah uang sebagai imabalnnya.

author
Penulis: 

Komentar ditutup.